[Obituari] Kristupa Wicaksana Saragih (18 Desember 1976 – 8 Juli 2017) Aka. Letjen

KWS (1976-2017) RIP ­čÖĆ­čĆ╗

“Apo kabar?”, “Makan pempek pake cuko”, “Batanghari”. Itulah yang sering diucapkannya dengan nada bercanda kala kami bertemu, sama-sama kelahiran Jambi membuat kami menjadi lebih akrab dan punya kesamaan yang terikat.

Beberapa hari ini, bersama dengan semua rekan fotografi yang mengenalnya kami dalam resah memanjatkan doa untuk kesembuhannya, sekurang-kurangnya kami berharap dia bangun. Antara ikhlas dan tidak, kami berharap yang terbaik saja. Sampai pagi ini waktu Toronto saat aku mendapat kabar tentang kepergiannya. Dia, sahabat kami tidak bangun lagi, setelah  serangan stroke yang fatal. Hancur hati para sahabatnya yang tersebar dimana-mana.

Terakhir bicara serius soal fotografi kira-kira 3 tahun yang lalu saat ada rencana pameran foto oleh KJRI Toronto. Sedang kontak paling terakhir saat aku menanyakan kapan main ke Kanada, secara Letjen sedang ada di Amerika. Sebelum pindah ke Kanada dan masih aktif di Fotografer dot net, cukup sering satu event dengan Letjen. Dari gathering, pameran, lomba foto, hunting foto,   makan-makan, sampai ajang Indonesia Idol dan hunting bareng ke Cambodia. Tiap bikin event & lomba juga selalu ijin, minta tolong dan konsultasinya ke Letjen.

Ketawa membahananya itu loh. Ini orang guyon bisa, serius apa lagi. Tiap ada geger-gegeran di FN, mesti nanti Letjen nulis sesuatu yang ngademin, ngajak bersatu lagi, ngajak kembali ke niat awal-awal kami, yaitu kecintaan kami akan fotografi. Saking dewasanya dia dalam tulisan-tulisannya, kadang sampai lupa kalo usianya cuma 3 tahun saja diatasku.

Dia betul-betul cinta FN, ketika para membernya pelan-pelan meninggalkan FN dan lebih senang ‘main’ di FB, Letjen tetap setia posting dimana-mana, hastag #fotograferdotnet nya jarang ketinggalan. Itu waktu bicara soal pameran foto 3 tahun lalu juga bilangnya ke FN saja, nanti dia support.

Dia itu sudah kayak Abang. Waktu tahu aku sempat nganggur, dia nawarin kerja di FN. “Sana, bicara sama Valens, kamu siap pindah ke Yogya?” begitu katanya.┬áKarena ada beliau dan juga Valens yang mendirikan FN, bukan saja aku dapat berbagai teman dari segala golongan usia, agama, latar belakang dan profesi. Aku juga dapat suami dari FN, bisa jalan-jalan ke LN dan berbagai wilayah di Indonesia, termasuk juga ikut dalam acara-acara bergengsi, bisa motret artis sampai ke backstage, dan masih banyak lagi pengalaman dan petualangan lainnya. Aku sudah pernah mengucapkan terimakasih ke FN, tapi sepertinya aku belum pernah mengucapkannya secara langsung kepada mereka berdua. I hope you know that I deeply thankful for your existency, your kindness and your dream for photography, especially photography in Indonesia.

You are too young to die. You will be missed. Rest in peace, Letjen.

YT (Milton – July 8, 2017)

Soft Launch FN555 book

Saat Acara Toreng Toreng Indonesian Idol

Photo oleh Rochim

2 thoughts on “[Obituari] Kristupa Wicaksana Saragih (18 Desember 1976 – 8 Juli 2017) Aka. Letjen

  1. Karena FN, kita jadi berteman ya Yul. Dan buanyaaaak lagi teman dari FN. Kris, we won’t forget you.. Terakhir kita ketemu di Surabaya 3th lalu kira kira sewaktu ada workshop Bareng Yano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *