Sebuah Nama OLIVIA

In Latin the meaning of the name Olivia is: Olive: symbol of peace.

In Latin the meaning of the name Olivia is: Olive: symbol of peace.

Ada yang bertanya kenapa dikasih nama OLIVIA

Begini ceritanya:

Jauh sebelum hamil, jauh sebelum menikah, sewaktu masih muda belia gitu, berandai-andai jika suatu saat nanti punya anak, pengen deh dinamain ini dan itu. Eh ternyata ya, memberi nama anak itu tidak segampang yang dikira, nggak sekedar eh kayaknya kalo dinamain ini bagus deh, dinamain itu juga keren. Nggak usah ribet-ribet soal arti nama, pengucapannya bagaimana dan seterusnya, cukup bisa sampai mencapai kata sepakat antara si calon Papa dan si calon Mama aja sudah syukur.

So, ketika tau sudah hamil, salah satu yang dipersiapkan ya pasti soal nama ini. Mending jauh-jauh hari mulai cari-cari idekan? sesekali ngegoogling soal nama-nama bayi, nama yang populer, nama yang ajaib, nama yang katrok, dll. Tapi itu cuma scan secara cepat saja, wong jenis kelaminnya belum ketahuan kok.

Terus lama-lama ya, si Papa dan si Mama ini ntah gimana ceritanya, jadi punya nama sementara buat si calon anak. Papa yang ngebet pengen punya anak cewek, diam-diam sudah pilah pilih nama cewek. Si Mama yang tau kalo si Papa ngebet pengen punya anak cewek, sengaja bikin rusuh, pengen anak cowok saja, biar jadi yang paling cantik di rumah, wahaha dan so pasti diam-diam juga sudah punya nama idaman buat nama anak laki-lakinya kelak.

Nah, begitu hasil ultrasound diminggu ke 20 kehamilan menunjukan bahwa si mahluk kecil dalam perut berkelamin perempuan, urusan nama ini menjadi serius. Beberapa nama segera digelontorkan si Mama. Kalo Chloe bagaimana? Phoebe? beh, ditolak mentah-mentah sama si Papa! Alasannya si Papa cuma mau nama yang tulisan dan pengucapannya sama, jadi tuh anak nggak bakal ribet kudu spelling namanya, terus keluarga di Indonesia terutama nenek-neneknya jangan dibikin susah ngeja nama cucunya. Jadi secara sepihak diputuskan kalo nama anak ini baik tulisan dan pengucapannya harus sama. Oke deh…

Si Papa kemudian mengusulkan untuk diberi nama SANDRA, si Mama langsung Whaaaatttttt? alasannya si Papa, nama Sandra itu baik di Kanada maupun di Indonesia dan belahan dunia manapun, ejaan dan pelafalannya sama, dan lagi si Papa ngefans sama Sandra Bullock! Si Mama ogah berat, nggak lucu banget ada bayi terus dipanggilnya Sandra… Sandra…. nggak cocok blas, corettttttt! Hahaha….

Ohya, sewaktu si Mama masih ngejagoin bakal dapat anak laki, si Mama sudah punya nama untuk nama cowok yang tanpa perlawanan berarti disetujui juga oleh si Papa. Nama anak cowok itu OWEN, Di Hongkong, di Arab, nama Owen spell dan pronouncenya kan sama, jadi kita akur kalo cowok bakal dikasih nama Owen.

Sewaktu Mama bolak balik lihat app nama-nama bayi, nama OLIVIA ini muncul terus, nama itu memang salah satu nama Populer di tahun 2012. Turunan kata dari OLIVE dan punya arti Peace/Damai. Sewaktu hamil disepanjang tahun 2013 itukan banyak berita rusuh sana sini, jadi si Mama diam-diam berharap bahwa anaknya ini akan bawa kedamaian, jika damai untuk dunia terlalu muluk-muluk, paling tidak dia bawa kedamaian dalam keluarga kecil kami, amin.

Si Papa nih ya, menolak juga tadinya, alasannya ditemukan ada spelling lain dari nama Olivia, ada yang nulis Olyvia, ihh…. itu sih maksa ya, dimana-mana juga kalo Olivia ya Olivia. Singkat cerita Mama menang *uhuk* lagian nih, kalo-kalo aja hasil ultrasoundnya salah, kan sering tuh dengar, dibilang anak cewek, pas yang nongol anak cowok. Jadi kalo sudah disiapkan nama Olivia pas yang muncul Owen ya nggak apa-apa, sama-sama diawali dengan huruf O, makanya diawal-awal sering banget kami memanggilnya Baby O, hehe.

Sekarang soal panggilan nama, kenapa dipanggil OLI sih? kayak Oli motor aja. Itu di Indonesia kan ya, sebutan Oli akan selalu identik dengan Oli pelumas itu. Tapi kalo di negara barat, sebutan Oli nggak refer ke pelumas, itu Oil kan bukan Oli, hahaha dan lagi cukup banyak yang punya sebutan nama Oli, kalo misal namanya Oliver. Si Mama nama pendeknyakan juga Yuli, si Papa Hadi, huruf I semua dibelakang, jadi kalo Oli selain singkat, punya huruf belakang yang sama, cocok buat panggilan nama bayi, juga nggak bikin lidah capek kalo misal nama panggilannya Olive, lidah terpaksa gantung dikit diujung sebutan, eh alasan terakhir bisa-bisanya si Mama aja sih, hahaha. Tapi kalo keluarga di Indonesia lebih suka panggil Olivia dengan Olive kami nggak keberatan sih.

Jadi begitu ceritanya, kami sepakat namanya Olivia. Nama belakangnya gimana Mama? tanya anda yang penasaran atau malah jadi bingung. Nama belakangnya kan MULIAWAN ya, itu nama keluarga baru yang ditetapkan dari pihak keluarga si Papa, mulai generasi dibawah Papa nanti semua Muliawan, kalo dulu-dulu termasuk keluarga si Mama, nama keluarga selain nggak ada juga berantakan, alias tidak seragam antar kakak adik, padahal kalo di luar, nama keluarga itu penting. Jadi sekurang-kurangnya punya dua nama, nama depan dan nama belakang, atau maksmal 3 nama, dengan disisip sebuah nama lagi ditengah.

Nah coba ya dipikir, si Oli tinggalnya di Kanada, nama-nama Indonesia itu somehow agak susah atau jarang dikenali oleh orang barat atau negara lain. Kebayang dong cita-cita sih Papa bakal buyar soal nggak perlu bikin susah anak spelling namanya sendiri.

Contoh percakapan yang sangat mungkin terjadi:

Petugas: What’s your name?

Olivia: OLIVIA

Petugas: Olivia, oke. and what’s your last name please?

Olivia: Muliawan, sir.

Petugas: Sorry? can you spell it to me?

Olivia: *nahan gemes ke Papanya* Em, Yu, El, Ai, E, dabel yu, E. En

Petugas: Sorry, The last one is M as in Mama or N as in November?

Bwahahhahaha… Pengen jitak si Papa nggak sih? Tapi nggak apa-apa lah… jadi ada cadangan nama Chloe yang belum kepakai. So far kita anak cukup satu tapi presiden nomor DUA (tetap…. kampanye, bwahahahah) Jadi agak mustahil nama Chloe akan kepakai, ntar deh buat namain cucu aja (ya kali…. masih lama, hehe).

Cerita kelahiran Olivia dimeja operasi bisa disimak disini!

YuTan

YuTan

2 thoughts on “Sebuah Nama OLIVIA

  1. betul, memang tak mudah kasi nama pada anak…selalu ada perdebatan..walau sempet anak angkat tetep aja ribet bukan main hahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *