Tumbuh Kembang Olivia [6 month old]

My baby, My only baby... <3

My baby, My only baby… <3

Tanggal 3 Juli lalu, Olivia tepat berumur 6 bulan. Supaya tidak lupa akan proses tumbuh kembangnya, maka ada baiknya ditulis saja disini supaya sewaktu-waktu bisa dibaca lagi. Yang pasti, melihat hari demi hari dia tambah besar dan pintar adalah suatu pengalaman yang menakjubkan. God is good ya.

Schedule

6am – Wake Up | 7am – Breakfast 1 {Mimik Susu} | 8am – Short Nap | 9am – Breakfast 2 {Mamam Bubur} |  11am – Brunch {Mimik Susu}| 12pm – Nap 1 | 2pm – Snack 1 {Mimik Susu} | 3pm – Nap 2 | 4pm – Snack 2 {Mimik Susu} | 6pm Dinner {Mamam Bubur} | 7pm – Supper {Mimik Susu} | 8pm – Sleep Time | 3am – Snack 3 {Mimik Susu}.

Diatas itu hanya jadwal kasar, bisa berubah maju mundur kira-kira 1 jam. Tergantung waktu bangun pagi dan berapa lama dia tidur siang. Yang pasti sehabis bangun pagi dia minum susu (Kecuali dia bangun diatas jam 7.30am maka biasanya langsung dikasih bubur) dan main-main sekitar 1 jam dan kemudian akan tidur kembali. Makan solid foodnya 2x sehari (Pagi dan sore menjelang malam), Tidur siangnya rata-rata 2x. Sejak genap masuk usia 6 bulan, dia rata-rata hanya bangun 1x untuk nyusu di malam hari (biasanya sekitar jam 3am).

Sleeping

Olivia masih tidur di kamar yang sama dengan Mama tapi di Crib tersendiri. Biasanya habis minum susu terakhir dan digendong sebentar, dia akan langsung tidur. Kadang-kadang saja kalo digendong lama nggak tidur-tidur, sama Mama ditaruh aja di Crib, selama gak nanigs ya gak digendong dan akhirnya tertidur sendiri. Sekarang kalo bangun tidur suka main-main sendiri, nggak langsung nangis manggil Mama. Malam-malam kalo bangun minta susu, habis nyusu juga langsung tidur lagi.

Solid Food

Sama dokter anak, disarankan untuk mulai solid food saat bayi umur 4 bulan. Walau sejak 4 bulanan Olivia sudah menunjukan minat pada makanan, Mama tahan sampai dia genap 5 bulan. 2 minggu pertama coba Solid food, selain cuma dicoba sedikit juga lebih banyak makanan yang nggak masuk, 2 minggu pertama itu juga nggak tiap hari. Sekarang mamamnya sudah pintar, Olivia lebih suka makanan yang gak terlalu benyek/cair. Bubur saring buatan sendiri ataupun Oatmeal kemasan dilahap sama Oli. Nainai (Oma) biasa masak bubur + Wortel, Buncis atau Bayam. Berasnya campur, beras putih biasa sama beras merah. So far ada tanda-tanda kalo Olivia adalah good eater, kayak Mama & Papanya *uhuk*.

Drink

Olivia Mimik Susu formula full sejak genap 4 bulan. Mama stop pumping karena air susunya cuma dapat sedikit. Sejak makan solid food, selesai makan Olivia minum dari sendok. Minum air putih dari botol tidak doyan, Mama rencana kasih air putih pakai sippy cup dalam beberapa hari ini.

Play

Karena posisi duduknya belum mantap benar, maka permainan Olivia agak terbatas. Dalam posisi baring, dia suka dgn Gym Wood-nya, tapi belakangan cepat bosan. Jadi Mama keluarin mainan baru, mainan-mainan keluaran Leap Frog lumayan bagus dan ada unsur edukasi atau merangsang motoriknya. Mainan favorit Olivia so far Owl Rattle yang jadi temannya selama dalam perjalanan dengan mobil, kayaknya sudah semua bagian dari si Owl pernah di emut sama Oli,  Si Violet, boneka anjing yang bisa bernyanyi dan di customized via komputer sehingga bisa nyebut nama Oli di beberapa kalimat dan yang terakhir Kura-Kura yang sebenarnya adalah Bath Toy.

Bathing

Olivia suka mandi. Sekarang masih mandi di bak ember plastik yang sudah mulai kekecilan. Kalo duduknya sudah mantap, sama Mama mau dimandiin di bathtub. Sekarang sudah mulai susah mandiinnya, kalo nggak karena ingin berdiri, ingin ambil botol sabun atau emut tangan Mama.

Personality

Olivia tipikal bayi yang tidak nyusahin, nangis hanya apabila ada alasan yang cukup jelas yang bisa dimengerti Mama, Papa dan Nainai. Cenderung periang, murah senyum {so far paling murah senyum ke Mama,Papa & Nainai}, tapi kalo sudah marah/tidak senang, wow… ini kayak siapa ya? *uhuk* Olivia juga cukup mandiri, taunya dari bisa main sendiri kalo habis bangun tidur, Pemerhati yang baik {Oli suka lihat Mama atau Nainai sibuk di dapur, atau lihat Papa sibuk sama keyboardnya}, Kelihatannya juga tipe yang cepat belajar kalo diajari/dikasih tau sesuatu {Beberapa objek dirumah sudah dihapal sama Oli, seperti cicak, jam, Tuhan Yesus (pajangan salib), Foto Mama Papa (Foto nikahan kita, yang kudu dilihat kalo menjelang bobok malam, isn’t she so cute?)}. Berani dan friendly aka tidak takut kalo lihat atau digendong orang lain. So, secara subjektif, Olivia personalitynya mirip Mamanya! *Papa dilarang protes*

Body and Health

Per tanggal 7 Juli, Berat Badan Olivia 6,9kg dan Panjang 63cm. Rambut bawaan lahir sudah rontok semua dan 2 minggu terakhir mulai tumbuh rambut baru yang lumayan pesat perkembangannya. Kuku tangan cepat sekali tumbuh, rata-rata 6 hari sekali kudu digunting. Gigi belum tumbuh, belum ada tanda-tanda yang cukup berarti juga. So far Olivia termasuk sehat dan tumbuh kembangnya juga sudah normal seperti anak bayi yang lahir normal. BABnya lancar dan setiap hari. Imunisasi lengkap dan syukur nggak pakai panas/demam, nangisnya juga cuma sebentar kalo disuntik, mungkin sudah terlatih sejak baru lahir beberapa jam saat di NICU, di njus sana sini *sigh*

Miscellaneous

  • Oli tidak suka pake baju yang kerahnya masuk lewat kepala
  • Sudah ngerti dan tidak nangis lagi kalo duduk di carseat
  • Sudah mulai gak bisa diam kalo ganti popok
  • Diam menikmati tiap sentuhan kalo Mama pakein cream atau totol-totol obat kulit
  • Suka banget emut jari, kadang dua tiga jari masuk mulut sekaligus. Apa-apa masuk mulut pokoknya
  • Tidak suka sama suara keras yang tiba-tiba, kagetan
  • Suka nonton pertandingan bola tapi nangis lihat pertunjukan ballet di Tv
  • Belum bisa tengkurap sendiri, tidak suka tummy time, tidak begitu suka duduk, maunya berdiri!

Kayaknya itu saja yang bisa Mama update. Thank you ya Olivia, sudah jadi anak mama yang tidak rewel, plus minus-nya Mama terima dengan ucapan syukur. Semua berkat doa-doa dari tante dan om semua. Thanks to Nainai yang sudah bantu banyak buat merawat Oli. Terus jadi anak yang happy dan sehat buat Papa & Mama ya Olivia. We love you so much… to the moon and back, one million times!

YuTan/Mama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *